Minggu, 23 Juni 2013

Travel Story: Makassar - Surabaya (day 3)

hampir sama seperti hari pertama, hari ketiga ini bisa dibilang hari yang padet juga. karena kita punya banyak destinasi, karena hari itu adalah hari terakhir kita full di makassar, besoknya kita harus udah balik.
jadi hari itu kita berencana untuk pergi ke pulau SAMALONA, butuh waktu kurang dari setengah jam naik kapal dari pelabuhan waterdam/pantai losari.
kita berangkat dari rumah fit jam 7 dan memutuskan untuk sarapan nasi kuning khas makassar. kita makan di Nasi Kuning Riburane dideket jalan nusantara.

yang kita bertujuh pesen itu nasi kuning porsi kecil, tapi udah banyaaak banget buat ukuran sarapan. nasi kuningnya dicampur sayur labu, daging, ayam, paru, abon, kentang kering, sama telor rebus. gila kan banyaknya? makanya kita ga ada yang abis makannya kecuali fit. padahal itu porsi kecil skaligus porsi sarapan. kalo kata fit, porsi makan orang makassar emang gede-gede banget. tapi nasi kuning ini emang enak banget

setelah sarapan baru deh kita ke pelabuhan, pelabuhan pagi itu penuh banget sama orang yang mau nyebrang ke pulau yang gua gatau namanya. mungkin karena hari minggu. untung ada temen fit yang pengen ikut kita ke samalona, dan kebetulan dia udah ada kenalan abang-abang yang punya kapal. jadi sampe pelabuhan kita langsung dapet kapal. kapalnya kapal kayu biasa, bukan kayak yang di tanjung bira. total kita ber10 dengan 3 orang teman fit. jadi patungannya lebih murah.
ternyata ujung-ujungnya kita ngga cuma ke pulau samalona. sebelum ke pulau samalona, yang hanya berjarak sekita 20 menit, kita ke pulau KODINGARENG KEKE dulu yang berjarak lebih jauh.

pulau kodingareng keke ini adalah pulau yang sangat kecil dan tak berpenghuni. mungkin besarnya cuma 60 meterx30 meter. pohon besarnya cuma satu sisanya semak-semak. waktu kita sampe disana, cuma ada satu bapak-bapak lagi nyapu-nyapu pulaunya. juga cuma ada beberapa kucing (yang kita juga gatau gimana mereka bisa disana). menurut bapak tukang sapu itu, dulu disitu ada rumah pemilik pulau ini (orang bule) tapi kena ombak langsung hancur. sampe sekarang pulau itu masih milik orang bule itu.
anyway, pulau ini bener-bener keren. pasirnya emang ga seputih tanjung bira, tapi airnya keren banget. sisi satunya dari pulau ini ada dermaga

di dermaga ini anginnya sejuk banget dan pemandangannya gilaaaa. sayangnya mataharinya bener-bener terik dan ada diatas kepala kita. kita bahkan udah pakai sunblock tapi harus pake sunblock ulang. jadi kita cuma sekitar 20 menit disitu karena teriknya matahari yang membakar. bahkan gevin sama enji sampe berair matanya saking teriknya.

akhirnya kita move ke bawah pohon dan sama bapak pembawa kapal kita dikasih terpal buat duduk ala-ala piknik.

oiya, fit sama temen-temennya pada snorkeling, sedangkan kita milih buat santai-santai dan takut kulit item. setelah mengademkan diri sebentar, kita ke sisi lain dari pulau itu yang sama kerennya.

setelah  nunggu fit sama temen-temennya beres snorkeling (yang katanya fit ngga sebagus di bira), kita pergi ke pulau samalona.

karena kita udah terlalu capek karena panasnya di pulau kodingareng keke, makanya tenaga kita udah abis gitu buat foto-foto di pulau samalona. sedikit ulasan tentang samalona, gua sebenernya agak kecewa dengan samalona karena ternyata ga sebagus digmbar-gambar google. pantainya emang bagus dengan pasir putihnya, tapi ya cuma itu aja. selain itu penduduknya cenderung ga ramah, mungkin karena cara ngomongnya terdengar seperti membentak. terus disana semuanya serba bayar, bahkan kita mau duduk di sebuah tempat kayak pendopo gitu aja harus bayar seharga 50 ribu, dan kita dipaksa harus bayar dulu sebelum duduk. untuk ke kamar mandi, buang air kecil 5ribu dan bilas 10ribu. sayang sekali keindahan pulaunya jadi terlihat minus karena penduduknya. yaaa mungkin ngga semua penduduknya gitu, dan kebetulan yang gua ketemu begitu orangnya.
tapi yaaa kata fit katanya orang-orang sana emang begitu jadi ya yaudah. ini beberapa foto samalona

karena kita ke dua pulau, jadi harga sewa kapalnya seharga 600 ribu. mahal sih hiks, untung kita bersepuluh.
pulang dari pulau-pulau itu, kita nemenin fit bilas dulu di.....gua gatau namanya. dan kita langsung pergi makan siang Mie Titi cabang jalan Irian, deket banget sama pantai Losari.

mie titi itu mie kering yang disiram pake kuah, jadi agak-agak mirip sama ifumie, tapi mienya lebih kecil-kecil sama kuahnya lebih kentel. udah gitu ditambah dengan ayam sama daging. menurut gua mie titi ini enak banget. recommended!

abis dari mie titi, kita ke pantai losari buat foto bentar abis itu kita makan es pisang ijo yang segeeeerrrr

es pisang ijonya ada dirumah makan tepat didepan pantai losari. es pisang ijo makassar tuh bener-bener beda sama yang pernah gua beli di jakarta. bagian ijo-ijonya tebel banget dan lembut. walaupun manis tapi ga enek walaupun makan sendiri se mangkok. seger banget.

abis makan pisang ijo, kita memutuskan untuk nongkrong-nongkrong di pantai losari, kita nongkrong didepan mesjid terapung. tapi gua enji acha sama gevin ga masuk kedalemnya karena kita pake baju yang cukup terbuka. takut diusir. jadi riri dilla sama fit aja yang masuk.

jadi di kawasan pantai losari ini bener-bener tempat nongkrongnya orang makassar. dari ibu-ibu, nenek-nenek, suami istri bareng anak bayinya, anak ABG, sampe anak kecil paling seuumuran SD pada maen sama nongkrong disitu. uniknya lagi, orang yang nongkrong disini pake bajunya keren dan bagus kayak maen di Mall, terutama yang cewe, sampe pake heels segala.
gua sama anak-anak disitu lama banget, dua jam lebih, dari ngobrol, diketawain anak kecil, ngeliatin anak kecil, dan jajan. sempet liat sunset yang lumayan keren juga.