Minggu, 23 Juni 2013

Travel Story: Makassar - Surabaya (day 4-5)

hari terakhir di Makassar sekaligus hari pertama di Surabaya.
detik-detik terakhir di makassar kita gunakan untuk membeli oleh-oleh. nama tempat kita beli oleh-oleh adalah di jalan Sambo Opu. itu kawasan tempat beli oleh-oleh khas Makassar, seperti kacang disko, keripik bawang, abon dan kain-kain toraja. banyak juga kerajinan tangan dari toraja disana.

aca enji sama gepin sampe ngeborong sarung toraja karena murah banget. cuma 20ribu satunya.
kita ngga berani beli oleh-oleh banyak karena takut ga muat di tas koper kita.

beres dari beli oleh-oleh, kita langsung pergi untuk makan siang terakhir di Makassar, makanan khas makassar paling terkenal bahkan diluar makassar yaituuuuu coto makassar! kita makan coto makassarnya ditempat paling terkenal, yaitu coto makassar nusantara. katanya ini tempat coto paling enak, bahkan sampe banyak dapet award.

dan ternyata award-award itu bukan cuma buat sepik doang, karena emang beneran enak banget. mangkoknya kecil banget kayak mangkok kuah mie ayam. dan ga pake nasi, tapi pake ketupat, satu ketupatnya harganya cuma seribu, cotonya sendiri 10 ribu. isi cotonya bisa pilih mau campur, daging doang, atau daging paru. tapi menurut anak-anak yang pesen campur, jeroan-jeroannya ga jelas dan bikin pusing.

beres makan, kita pulang ke rumah fit dan langsung pergi ke bandara, karena gosipnya di makassar lagi ada demo dan takut macet. untungnya belom terlalu macet, dan 15 menit setelah kita sampe bandara,  kita dapet info kalo jalan menuju bandara di blokir sama pendemo, jadi untung banget kita berangkat cepet.
pesawat terbilang cukup delay. jadwal flight jam setengah lima, tapi kita baru take off jam 6. alhasil kita sampai di surabaya malem, sekitar jam 7. sesampainya di surabaya kita dijemput sama sodara riri dan kita langsung dibawa makan malem di Sego Sambel Iwak Pee. semacem angkringan gitu tapi sambelnya lumayan pedes, harganya juga murah banget dibanding angkringan

setelah itu kita sempet main kerumah tantenya riri baru kita pulang kerumah sodara riri yang ngejemput kita.

esok harinya, yaitu hari terakhir kita liburan, hari terakhir di surabaya. tema dari liburan kita di surabaya adalah liburan kuliner, jadi isi hari terakhir kita adalah makan makan dan makan. hari ini kita awali dengan sarapan makanan khas surabaya yaitu lontong balapan. menurut gua ini campuran dari lontong sayur sama toge goreng hahaha, lumayan enak.

abis itu kita berangkat pergi ke madura untuk nyobain bebek sinjay yang katanya enak banget itu. semua orang ngerekomendasiin itu ke kita. jadi berhubung kita masih punya banyak waktu sebelum jadwal kereta kita, yaitu jam tiga, kita akhirnya berangkat ke madura jam 9 pagi. selama perjalanan menuju jembatan suramadu, kita sempet mampir buat beli nasi krawu, makanan khas surabaya yang dibungkus pake daun pisang dan porsinya kecil, pas banget buat sarapan.

kebetulan kita semua belum ada yang pernah ke jembatan suramadu, jadi semacam norak pas liat jembatan suramadu. dengan berbaik hati, sodara riri nawarin kita untuk berhenti bentar di tengah jembatan terus foto. padahal sebenernya di jembatan suramadu ga boleh berenti, karena itu sebenernya jalan tol loh. kita harus cepet-cepet fotonya sebelum ketahuan sama polisi terus ditilang. tapi jembatannya emang keren banget sih

setelah menyebrangi suramadu, baru deh kita sampe di Madura. bebek sinjay ini ada sekitar dua kilo dari jembatan suramadu, jadi lumayan deket. walaupun kita udah makan 2 jenis makanan, dan saat itu masih jam 10, tapi karena bebek sinjay bener-bener enak, kita semua pada hampir abis makannya padahal porsi nasinya banyak banget.

bebeknya dagingnya banyak dan lembut, udah gitu bumbunya enak banget. terus sambel mangganya juga pedes, tapi ga terlalu pedes hahaha, jadi kita sampe nambah satu piring lagi sambelnya buat rame-rame. worth it banget makan bebek goreng jauh-jauh ke madura hahaha.

setelah balik dari madura dan beli oleh-oleh khas yaitu sambel bu rudi. akhirnya tiba waktunya kita berpisah dengan surabaya. kita naik kereta ekonomi ac dari stasiun pasar turi surabaya ke jakarta. harga tiketnya juga cuma 110ribu. walaupun harga tiketnya hampir sama dengan harga tiket pesawat berangkat ke makassar, tapi bener-bener jauh fasilitasnya. menurut gua kereta api ekonomi ngga cocok buat kita yang belum terbiasa. pasalnya kereta eko tuh tempat duduknya keras banget dan tegak 90 derajat. menurut gua itu bagian paling menyiksa, dibanding soal penuhnya kereta. padahal kita udah ambil kereta malem, tapi perjalanan tetep berasa lama. mungkin karena kita susah banget tidurnya karena ga nyaman sama sekali.
sesampainya dijakarta kita jam 6 pagi, berarti perjalanan kereta itu kita tempuh selama 15 jam.

after all, walaupun ujung-ujungnya kita capek banget, menggendut dan menghitam, liburan ini bener-bener berkesan banget, setiap harinya selalu ada yang beda. walaupun ada beberapa momen yang terlihat membosankan, tapi sebenernya ngga sama sekali.
saran sih sebelum liburan macem backpacker gini, kesehatan tuh bener-bener harus dijaga. karena kebukti capeknya minta ampun. jangan lupa sedia obat dalam suatu kelompok itu, karena apapun bisa terjadi. kayak acha tiba-tiba luka kakinya dipantai, badan kita biru-biru, pusing gara-gara kolesterol naik, atau kayak gua yang maagnya kambuh tiba-tiba gara-gara kebanyakan makan sambel.
selain itu, packing juga bisa jadi bikin stress dalam perjalanan kita. bawa baju pas-pasan itu jangan, tapi berlebihan juga jangan. cukup lebihin satu atau dua baju aja, itu pun bahan kaos yang ga makan banyak tempat. sayang kalo kita dikit beli oleh-oleh gara-gara koper ga muat (kayak gua)
satu hal unik dari liburan kita adalah bahasa/logat orang makassar. 4 hari disana kita belom ada yang bisa ngikutin logat makassar karena susah banget. selain itu, kadang ngomong sama orang makassar susah karena kita ga ngerti logat mereka dan mereka juga ga ngerti dengan logat kita. jadi berasa bukan di indonesia *lebay*
ulasan terakhir: menurut gua dari 11 jenis kuliner khas yang gua cobain, konro bakar sama bebek sinjay yang paling enak. tapi kuliner yang lain juga enak banget dan patut dicoba.

maaf kalo post-postnya agak sampah, tapi semoga berguna infonya. cek juga ulasannya di blog temen gua, dilla di fadilladwianti.blogspot.com

kalo menurut gua, buat apa ke luar kalo didalam saja kita punya banyak tempat yang jauh lebih indah. travelling dalam negeri bisa jauh lebih berkesan dibanding diluar kok :)